Jumat, 20 Februari 2015

Membentuk Kepribadian Anak di Masa Kanak Kanak

Membentuk Kepribadian Anak di Masa Kanak Kanak



Usia dua tahun sampai usia dua belas tahun terbilang itu masa kanak-kanak. Pada masa ini menimbulkan masalah-masalah yang sangat menyulitkan. Rasa egoisme, bertindak agresif, rasa cemburu dan iri hati adalah beberapa hal yang kerap muncul pada masa kanak-kanak. Untuk itulah peranan orang tua sangat diperlukan dalam pembentukan kepribadian anak

Untuk membentuk kepribadian anak bisa saja dengan menyekolahkan anak. Karna sekolah merupakan hal yang ikut dalam pembentukan kepribadian sang anak. Dengan saling berinteraksi antara teman sekolahnya, anak-anak akan belajar bersosialisasi dan akan timbul pematangan dalam dirinya.

Masa kanak-kanak adalah masa bermain, bermain menjadi pertumbuhan dan perkembangan anak yang sangat penting. Karna alam bermain, otot-otot motorik halus dan kasar bertambah kuat yang menjadikan kekreativan anak meningkat serta ekspresi dan emosi nya lebih tinggi.

Selain sekolah, ada juga hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk membentuk kepribadian anak, antara lain adalah keluarga dan lingkungan sekitarnya. Keluarga merupakan hal yang pertama kali yang ia kenal dan akan selalu merasa terinspirasi oleh keluarga yang ia kenal. Dan lingkungan hidup sekitarnya juga termasuk dalam hal membentuk kepribadiannya, jangan biarkan seorang anak berada di lingkungan yang akan menjadikan kepribadian nya buruk. Sebagai orang tua harus selalu aktif  untuk melalukan pengawasan terhadap pengadaptasian lingkungannya.

Untuk membentuk kepribadian seorang anak mulailah dari masa kanak-kanaknya, berikan hal-hal positif terhadapnya. Karna dimasa itulah kepriadiannya mulai muncul dan akan terbentuk. Dan jangan pernah menitik beratkan suatu hal kepada anak, karna itu akan membuat sang anak mengalami pemikiran yang heba, yang akan nantinya bisa terjadi gangguan terhadap pola pikirnnya.

0 komentar:

Posting Komentar